Rencanakan Perakitan PC Kamu yuk!

Apa yang Harus Dibeli untuk Rakit PC?

Apa yang harus dibeli untuk rakit PC? Sini RakitPCMu jelaskan panduan atau langkah-langkah lengkapnya.

Apa yang Harus Dibeli untuk Rakit PC?

Apa yang Harus Dibeli untuk Rakit PC? - Merakit PC sendiri memberi kamu kebebasan dalam memilih komponen-komponen terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kamu.

Mulai dari motherboard yang harus kompatibel dengan CPU hingga pemilihan GPU yang esensial untuk gaming atau tugas-tugas grafis berat.

Selain itu, memahami perbedaan antara PC branded dan PC rakitan serta kebutuhan spesifik kamu, akan menentukan komponen seperti ssd, power supply, dan cooler fan yang kamu pilih.

Kali ini RakitPCMu akan membimbing kamu melalui setiap langkah memilih komponen pc, seperti ram pc dan casing, hingga menawarkan tips cara merakit pc yang efisien.

Dengan perhatian khusus pada optimalisasi dan pemeliharaan, kamu akan siap untuk merakit pc gaming atau komputer rakitan untuk server dengan gigabyte memory card yang memadai, mengoptimalkan pengalaman komputasi kamu.

Table of Contents

Komponen Utama yang Diperlukan untuk Merakit PC

Berikut adalah beberapa komponen utama yang kamu perlukan untuk merakit PC:

Processor (CPU)

Unit Pemroses Sentral (CPU) atau Unit Pengolahan Pusat adalah sirkuit elektronik di dalam komputer yang menjalankan perintah untuk membentuk program komputer.

CPU melakukan operasi aritmatika, logika, pengendalian, dan masukan/keluaran dasar yang ditentukan oleh perintah dalam program.

Untuk processor atau CPU, kamu bisa pilih Intel Core i5 6600 yang memiliki soket stkamur LGA 1151 untuk performa yang baik.

Motherboard

Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit cetak utama di komputer.

Komponen ini memungkinkan perangkat-perangkat elektronik penting pada suatu sistem terhubung satu sama lain, misalnya unit pemrosesan sentral dan memori.

Untuk motherboard, kamu bisa pilih MSI seri H110M sebagai pilihan yang cocok dengan CPU sebelumnya.

Memory (RAM)

RAM adalah akronim komputasi umum yang merupakan singkatan dari random-access memory.

Terkadang, disebut sebagai memori PC atau memori saja.

Pada dasarnya, RAM adalah memori jangka pendek sebuah komputer atau laptop.

RAM adalah tempat penyimpanan data yang diperlukan prosesor komputer untuk menjalankan aplikasi dan membuka file.

Untuk memory atau RAM, kamu bisa gunakan minimal 16GB, idealnya dua batang 8GB DDR4 RAM untuk mendukung kecepatan dan efisiensi.

Penyimpanan (SSD)

SSD atau Solid State Drive merupakan perangkat yang dirancang untuk menyimpan data menggunakan serangkaiaan IC.

Pada bagian dalamnya ditanamkan suatu chip sebagai media penyimpanan guna menulis maupun membaca suatu data.

Untuk penyimpanan atau SSD, kamu bisa pilih SSD dengan kapasitas 500GB, guna memberikan akses cepat ke data dan sistem operasi.

Kartu Grafis (VGA card)

VGA card yang juga dikenal sebagai kartu video/tampilan atau adaptor grafis, digunakan untuk memproses dan menghasilkan umpan gambar keluaran ke monitor atau tampilan komputer.

Untuk kartu grafis atau VGA card, kamu bisa pilih Nvidia GTX 1070 atau GTX 1080, terutama untuk mendukung kebutuhan gaming atau desain grafis berat.

Sistem Pendingin (CPU Cooler)

CPU Cooler, Pendinginan komputer atau pendinginan CPU beroperasi dengan prinsip kerja mengurangi, menyerap atau menghilangkan panas dari CPU dan menjauhkannya dari perangkat keras.

Untuk sistem pendinu atau CPU cooler, kamu bisa pilih CoolerMaster Hyper 212 Evo untuk menjaga suhu prosesor tetap stabil.

Sumber Daya (Power Supply)

Sumber daya (power supply) biasa disebut juga pencatu daya atau pemasok daya adalah alat listrik yang memasok tenaga listrik ke suatu beban listrik.

Fungsi utama catu daya adalah untuk mengubah arus listrik dari sumber menjadi tegangan, arus, dan frekuensi yang benar untuk memberi daya pada beban.

Untuk sumber daya atau Power Supply, pastikan memilih power supply yang mendistribusikan arus secara stabil.

Casing

Casing adalah rumah bagi perangkat keras utama komputer.

Di dalamnya terdapat motherboad dengan processor dan memory.

Casing juga menjadi tempat mendudukkan hard disk dan cd-rom drive.

Selain sebagai pelindung fisik, casing yang baik juga berfungsi sebagai penyalur panas yang dihasilkan komponen elektronika komputer.

Untuk Casing, pilihlah casing dengan ventilasi yang baik, ini cukup penting dan beberapa gamer biasanya memilih casing dengan lampu LED untuk tampilan yang lebih menarik.

Sistem Operasi (OS)

Sistem operasi (OS) adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai daemon untuk program komputer.

Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.

Untuk sistem operasi atau OS, kamu bisa pilih Windows versi terbaru untuk kompatibilitas dan dukungan yang terupdate.

Koneksi Internet

Koneksi internet adalah sarana yang menghubungkan komputer atau perangkat lain ke jaringan internet.

Melalui koneksi internet, kamu dapat mengakses berbagai informasi dan layanan yang tersedia di internet.

Untuk gaming online, tentunya koneksi internet yang stabil adalah sebuah keharusan.

Dengan memastikan bahwa semua komponen ini sesuai dan kompatibel, kamu bisa merakit PC yang tidak hanya kuat tetapi juga kemungkinan tahan lama.

Memilih Storage dan GPU

Memilih komponen penyimpanan dan GPU yang tepat cukup penting dalam merakit PC, terutama untuk keperluan gaming dan desain grafis.

Berikut adalah beberapa pilihan dan pertimbangan yang dapat membantu kamu:

Penyimpanan

  • SSD (Solid State Drive). Direkomendasikan untuk sistem operasi dan program yang sering digunakan karena memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat. Contoh kapasitas yang cocok untuk gaming adalah 500GB.
  • HDD (Hard Disk Drive). Lebih murah dan menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, cocok untuk menyimpan game dan file besar. Namun, kecepatan lebih rendah dibanding SSD.
  • Merek SSD yang direkomendasikan: ADATA, Kingston, Samsung, dan Western Digital, dengan variasi ukuran dari 120GB hingga 4TB dan opsi SATA III serta NVMe.

GPU (Graphics Processing Unit)

  • Nvidia dan AMD: Dua produsen utama dengan Nvidia RTX series dan AMD Radeon RX series sebagai pilihan populer untuk gaming.
  • Model Nvidia yang disarankan: GTX 1650 Super, GTX 1660 Super, atau RTX 3060 Ti.
  • Model AMD yang disarankan: Radeon RX 5600 XT atau RX 6700 XT.
  • Pastikan GPU yang dipilih kompatibel dengan suplai daya dan motherboard PC kamu.

Memilih SSD dan GPU yang tepat tidak hanya meningkatkan performa tetapi juga kenyamanan dan pengalaman bermain game atau bekerja dengan aplikasi berat yang lebih baik.

Perangkat Pendukung Penting Lainnya

Selain komponen utama yang telah dibahas sebelumnya, ada beberapa perangkat pendukung penting lainnya yang perlu kamu pertimbangkan saat merakit PC:

Perangkat Input dan Output

  • Monitor/LED Screen: Menampilkan sistem operasi yang terinstal dengan bantuan VGA, esensial untuk interaksi visual dengan komputer kamu.
  • Keyboard: Digunakan untuk memasukkan teks, angka, karakter khusus, dan menjalankan perintah yang diperlukan.
  • Mouse: Perangkat penunjuk yang memudahkan penggerakan kursor sesuai gerakan tangan pengguna.

Perangkat Penyimpanan dan Media

  • DVD Rom: Membaca data dari CD, VCD, dan DVD, berguna sebagai media instalasi untuk sistem operasi, game, perangkat lunak, pemutar musik, serta berfungsi sebagai perangkat penyimpanan tambahan bersama dengan hard disk.
  • Optical Disc Drive: Dapat membaca dan menulis CD-R, CD-RW, DVD-R, DVD-RW, serta Blu-Ray Disc, memberikan fleksibilitas lebih dalam pengelolaan data.

Sistem Suara dan Koneksi

  • Soundcard: Berfungsi sebagai sistem suara komputer, dapat berupa built-in atau eksternal, menunjang kualitas audio yang baik untuk pengalaman gaming atau multimedia.
  • Koneksi Internet: Untuk pengalaman gaming online, koneksi internet yang stabil sangat diperlukan, baik itu koneksi kabel atau nirkabel.

Memastikan bahwa kamu memiliki perangkat pendukung yang tepat akan meningkatkan kenyamanan serta efektivitas penggunaan PC rakitan kamu.

Optimalisasi dan Pemeliharaan PC Rakitan

Untuk menjaga performa PC rakitan kamu tetap optimal, berikut adalah beberapa langkah penting yang perlu dilakukan secara berkala:

Pemeliharaan Rutin

  • Bersihkan PC kamu secara teratur untuk menghilangkan debu dan mencegah overheating. Pastikan untuk membersihkan filter, heatsink, dan kipas.
  • Periksa aliran udara casing untuk memastikan pendinginan yang baik dan ganti pasta termal setiap 1-2 tahun untuk mengatasi panas yang optimal.

Optimalisasi Sistem

  • Perbarui driver kartu grafis dan perangkat lunak PC secara berkala untuk kinerja yang optimal.
  • Defragmentasi hard drive kamu untuk meningkatkan kecepatan akses data dan hapus aplikasi yang tidak perlu untuk membebaskan ruang serta meningkatkan kinerja.
  • Nonaktifkan layanan yang tidak digunakan dan aktifkan fitur pemulihan sistem untuk memudahkan pemecahan masalah.

Keamanan dan Backup

  • Lakukan pemindaian virus secara teratur dan instal perangkat lunak antivirus yang selalu diperbarui untuk melindungi PC dari malware.
  • Backup data penting secara berkala untuk mencegah kehilangan data.
  • Hindari menjalankan program lain saat bermain game untuk mengoptimalkan sumber daya sistem.

Melakukan langkah-langkah ini tidak hanya akan memperpanjang umur PC kamu tetapi juga menjamin pengalaman penggunaan yang lebih lancar dan efisien.

Kesimpulan

Memastikan pemilihan komponen yang tepat adalah langkah krusial dalam merakit PC yang tidak hanya kuat tetapi juga efisien dan tahan lama.

Dari prosesor hingga sistem pendingin, setiap bagian memiliki peran penting dalam menunjang kinerja komputer.

Melakukan pemeliharaan rutin dan optimalisasi sistem secara berkala juga akan menjaga PC rakitan kamu tidak hanya beroperasi dengan lancar, tetapi juga memperpanjang umur perangkat, memastikan kamu mendapatkan pengalaman penggunaan yang optimal.

Dari sini, setidaknya kamu sudah paham dalam menentukan komponen-komponen terbaik yang sesuai dengan kebutuhan serta anggaran kamu.

Serta, cara-cara untuk melakukan optimalisasi dan pemeliharaan, sehingga PC kamu dapat beroperasi dengan performa maksimal.

Namun, bagi kamu yang masih bingung dalam merakit PC, Kamu bisa mempercayakan jasa build pc dari RakitPCMu.

Atau, dengan melakukan perencaan untuk rakit pc kamu dengan menggunakan rakit pc simulator, fiturnya sudah tersedia di RakitPCMu yah.

Memiliki pertanyaan? opini? ada yang kurang tepat? atau yang lainnya? silahkan berikan tanggapan kalian. Postingan ini didukung oleh metanest.

FAQs

Apa saja komponen yang diperlukan untuk merakit PC?

Untuk merakit PC, beberapa komponen utama yang dibutuhkan adalah:

  1. Central Processing Unit (CPU) yang berfungsi sebagai otak komputer
  2. Motherboard sebagai dasar tempat komponen lain terpasang
  3. Random Access Memory (RAM) untuk memori sementara
  4. Storage untuk penyimpanan data
  5. Graphics Processing Unit (GPU) untuk pengolahan grafis
  6. Power Supply Unit (PSU) untuk menyuplai listrik
  7. Casing untuk melindungi dan menopang komponen
  8. Sistem pendingin atau CPU Cooler untuk menjaga suhu CPU tetap optimal.

Komponen apa saja yang harus disiapkan sebelum merakit PC?

Sebelum merakit PC, pastikan kamu memiliki komponen-komponen berikut:

  1. CPU beserta cooler untuk mengendalikan panas yang dihasilkan.
  2. Motherboard.
  3. Memori atau RAM.
  4. Kartu Grafis.
  5. Perangkat Penyimpanan seperti HDD atau SSD.
  6. Power Supply.
  7. Casing untuk menempatkan semua komponen tersebut.

Apa yang termasuk dalam satu set komputer?

Satu set komputer biasanya mencakup meja, kursi, dan unit PC, atau bisa juga hanya sebuah laptop.

Penting untuk diingat bahwa PC memerlukan sambungan listrik yang stabil dan sering kali membutuhkan stabilisator voltase, sedangkan laptop memiliki baterai yang dapat menggantikan sambungan listrik langsung.

Apa langkah-langkah awal dalam merakit PC?

Langkah pertama dalam merakit PC adalah:

  1. Memasang prosesor ke motherboard.
  2. Kemudian, pasang heatsink dan kipas untuk mendinginkan prosesor.
  3. Selanjutnya, pasang motherboard ke dalam casing, lalu tambahkan RAM atau memori.
  4. Setelah itu, pasang power supply.
  5. Koneksikan kabel motherboard dan casing.
  6. Pasang drive.
  7. Terakhir, pasang kartu adapter jika diperlukan.
Semoga informasi ini dapat membantu kamu tentang apa saja yang harus dibeli untuk merakit sebuah pc.

Referensi:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Unit_Pemroses_Sentral
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Papan_induk
https://www.intel.co.id/content/www/id/id/tech-tips-and-tricks/computer-ram.html
https://kominfo.kotabogor.go.id/index.php/post/single/749
https://diskominfo.badungkab.go.id/artikel/39832-pengertian-vga-dan-cara-kerjanya
https://www.intel.co.id/content/www/id/id/gaming/resources/cpu-cooler-liquid-cooling-vs-air-cooling.html
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pencatu_daya
https://id.m.wikibooks.org/wiki/Perangkat_keras/Casing_dan_cooler
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi

Baca juga:

Posting Komentar